SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Situs Resmi Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun
Selasa, 26 Juli 2016 - 14:36:52 WIB
Sosialisasi Model Distribusi dan Pengelolaan Lumbung

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bid. Distribusi & Ketersediaan Pangan - Dibaca: 209 kali

Sosialisasi Pengelolaan Lumbung Padi dan Model Distribusi di Desa Blabakan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun telah terlaksana dengan baik. Acara ini diselenggarakan di Balaidesa Desa Blabakan. Dibuka pukul 10.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Desa Blabakan. Peserta yang hadir terdiri dari empat kelompok tani yang tergabung dalam satu gapoktan Desa Blabakan. Desa Blabakan sendiri terdapat empat kelompok tani dan satu kelompok taruna tani.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun dengan menghadirkan dua narasumber. Narasumber dari praktisi pengusaha beras dan satu lagi narasumber dari Bulog Madiun. Dari Bulog menyampaikan kriteria dan prosedur bagaimana beras dari petani bisa masuk dan diterima oleh Bulog. Sedangkan dari praktisi pengusaha beras lebih banyak bercerita tentang pengalaman bagaimana regulasi perdagangan beras serta kecurangan-kecurangan oknum tengkulak dalam dunia jual beli beras.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Ketua gapoktan desa Blabakan antusias dengan menyampaikan pendapatnya serta pertanyaan tentang kriteria gabah yang bisa dibeli Bulog. Selain itu, ketua gapoktan juga bertanya bagaimana caranya biar lebih akurat mengetahui gabah yang bagus itu. Kemudian, didapatkan informasi dari dialog ini tentang upaya yang dapat dilakukan petani agar dapat bantuan peralatan pertanian yang dimaksud.