SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Situs Resmi Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun
Selasa, 31 Mei 2016 - 08:40:05 WIB
Pelatihan Pendamping P2KP Tahun 2016

Diposting oleh : Administrator
Kategori: umum - Dibaca: 213 kali

Pelatihan Pendamping Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Tahun 2016. Acara ini berlangsung selama dua hari satu malam di komplek agrowisata Amanah, Karanganyar. Peserta yang terdiri dari para pendamping desa yang akan menerima dana bantuan kegiatan P2KP dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Timur ini tampak antusias mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan oleh tim BKP Kabupaten Madiun.

Rangkaian acara diawali dengan pemaparan rencana kegiatan KRPL tahun 2016 berikut pilihan ragam penerapannya oleh Bapak Ir. Agus Djoko Pitodjo selaku pendamping P2KP Kabupaten Madiun. Pemaparan yang detail tersebut memancing diskusi dan tanya jawab dari para peserta.

Pagi harinya, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke kawasan pertanian agrowisata Amanah. Sebelum memulai perjalanan di area ini, peserta mendapatkan pemaparan singkat mengenai sejarah berdirinya agrowisata amanah dan potensi yang ada di dalamnya. Tidak lama berdiskusi, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk lebih mengintensifkan pemaparan dari pemandu perjalanan.

Praktek pengolahan limbah rumah tangga, pemanfaatan kotoran hewan ternak dan kencingnya, pembuatan pakan ikan dari limbah rumah tangga, hingga praktek pertanian organik menjadi contoh nyata yang dapat dilihat peserta pendamping P2KP di kawasan agrowisata Amanah. Ilmu baru maupun pemantapan ilmu yang telah dimiliki sebelumnya oleh para pendamping P2KP diharapkan menjadi penguat proses pendampingan di desa yang akan menerima bantuan P2KP Tahun 2016 ini. (AS).